Kamera DSLR Canon resolusi 300 ppi? Bisa kok!

, , No Comments
Banyak fotografer berpendapat kalau kamera DSLR Canon tidak mampu menghasilkan foto dengan resolusi 300 ppi dibandingkan kamera DSLR Nikon yang memiliki pengaturan resolusi foto 300 ppi.
Dengan demikian banyak yang beranggapan kalau foto hasil jepretan Canon DSLR tidak akan memenuhi syarat untuk dicetak superbesar karena resolusinya hanya 72 ppi.

Benar demikian? Salah besar! Faktanya, kamera DSLR Canon mampu menghasilkan foto resolusi 300 ppi! Mari simak caranya.

Langkah 1 - Install EOS Utility & Digital Photo Professional

Kamu perlu menginstal program Canon EOS Utility dan Digital Photo Professional di komputer atau laptop. Biasanya kalau kamu membeli kamera Canon baru, pasti akan mendapatkan CD program tersebut satu paket di dalam kotak kemasannya.

Sambungkan kamera Canon DSLR-mu ke komputer dengan kabel data. Sekadar info, saya menggunakan kamera Canon 60D.

Langkah 2 - Import foto dengan EOS Utility

Buka program EOS Utility kemudian klik "Starts to download images" untuk mengunduh semua foto yang ada di dalam kamera atau klik "Let's you select and download images" untuk mengunduh beberapa foto pilihanmu saja.

 Langkah 3 - Pilih dan buka ke Photoshop melalui Digital Photo Professional

Setelah semua foto diunduh dari kamera, maka otomatis foto-foto tersebut akan muncul di program Digital Photo Professional. Klik salah satu foto tersebut. 
 Kemudian pilih Tools> Transfer to Photoshop (Alt+P)

 Langkah 4 - Lihat resolusinya di Photoshop...

Setelah foto tersebut terbuka di Photoshop, klik Image> Image Size. Lihat resolusinya, 350 ppi di 5184 x 3456 piksel! Itu adalah ukuran yang lebih dari cukup untuk print besar.
Nah mungkin kini sekarang kamu baru tahu Canon users, terus bagaimana untuk foto yang sudah kamu pindahkan sebelumnya tanpa menggunakan EOS Utility? Kamu bisa gunakan Digital Photo Professional untuk membukanya dan transfer ke Photoshop dengan cara yang dijelaskan diatas.

So? Tidak benar kalau kamera DSLR Canon tidak bisa menghasilkan foto resolusi 300ppi.
Semoga bermanfaat untuk pengguna DSLR Canon.

0 comments:

Post a Comment