Cara membuat efek foto di dalam tulisan dengan Adobe Photoshop

, , No Comments
Kita akan membuat desain minimalis namun menarik; foto yang berada di dalam huruf dengan sedikit tampilan timbul dari tulisannya. Caranya sangat mudah dan cepat, yuk mari disimak.

Untuk latihan, kamu bisa pakai foto yang disediakan oleh picjumbo.com. DOWNLOAD.

Langkah 1

Buatlah dokumen baru pada photoshop dengan ukuran 800x600 px (atau terserah ukuran lain juga boleh sih hehe)

Langkah 2

Klik Type tool (T), kemudian ketik huruf "D" (nanti kamu bisa pakai huruf lain kok). Gunakan font Arial Bold dengan ukuran yang agak besar, 500pt misalnya. Warnanya tidak penting, karena akan tertutup foto nanti.

Langkah 3

Masukkan foto yang disebutkan di awal tutorial ini. Biarkan dulu foto tersebut memenuhi kanvas, jangan dulu diperkecil.

Langkah 4

Pada panel Layers (F7), arahkan mouse ke layer huruf "D". Tepat diatas icon "T"-nya itu, tekan Ctrl, maka cursor akan berubah menjadi bentuk kotak dengan garis putus-putus, kemudian klik kiri pada mouse. Seleksi dengan bentuk huruf D akan muncul.

Langkah 5

Klik Layers> Layer Mask> Reveal Selection untuk membuat layer mask sesuai bentuk huruf D tersebut.
Jika kamu melakukannya dengan benar, tampilannya akan seperti di bawah ini.

Langkah 6

Klik tanda rantai pada Layer 1 untuk menghilangkan rantainya. Dengan cara ini, kamu bisa mengubah posisi dan ukuran foto tanpa mengubah posisi layer mask D tersebut.

Tekan Ctrl+T untuk mengaktifkan Transform Tool. Kecilkan dan posisikan foto seperti contoh. Tekan Enter untuk menghilangkan kotak Transform tool-nya.

Langkah 7

Tekan Shift dan klik kiri secara bersaman ketika mengklik layer mask pada Layer 1. Kita perlu menon-aktifkan layer mask untuk sementara supaya kita bisa mengedit tampilan timbul bangunannya.

Langkah 8

Klik Magic Wand Tool (W). Klik pada area langit untuk membuat seleksi. Tidak perlu diseleksi secara keseluruhan, karena tujuan kita hanya perlu menseleksi sisi bangunannya.

Langkah 9

Pilih menu Select> Inverse untuk membalikkan seleksi. Kini seleksi akan aktif untuk bangunannya, bukan langitnya.

Langkah 10

Klik kembali layer mask yang sebelumnya dinonaktifkan.
Klik Brush tool (B), pilih warna foreground putih, opacity 100%. Kemudian goreskan pada bagian bangunannya sampai terlihat seperti contoh.
Pilih menu Select> Deselect untuk menghilangkan garis-garis seleksi.

Langkah 11

Gampang banget bukan? Nah selanjutnya kamu bisa tambahkan sedikit bayangan supaya tulisannya terlihat melayang. Caranya, buatlah layer baru (Layer> New> Layer...). Kemudian klik Brush tool, buka panel settingnya dengan menekan F5. Pilih brush dengan sisi bundar dan lembut. Gunakan ukuran 400px, Roundness 12%, Hardness 0%.

Gunakan warna agak abu, dengan opacity brush 50%, goreskan pada bagian bawah huruf D untuk membuat efek bayangan.

Nah mudah sekali membuatnya bukan? Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment