Cara Cepat dan Mudah Seleksi Rambut di Adobe Photoshop

, , 3 comments

Menseleksi objek rambut di Photoshop sekarang makin mudah dengan Adobe Photoshop CS5 keatas. Kini kamu bisa memisahkan objek dengan bentuk rambut yang kompleks dengan backgroundnya dengan cepat, praktis dan hasilnya halus.

Ikuti langkah-langkah berikut ini. Catatan: penulis menggunakan Adobe Photoshop CS6. Untuk Photoshop dibawah CS5, tutorial ini akan tidak relevan, jadi silahkan upgrade ke versi minimal CS5.

Langkah 1

Untuk latihan, silakan gunakan foto dari website ini (free). Klik disini

Langkah 2

Gunakan Pen Tool untuk menyeleksi sisi objek (wanita) secara keseluruhan dulu. Untuk bagian rambut dan alis, sisi-sisinya disederhanakan saja dulu.

Langkah 3

Tekan Ctrl + Enter untuk mengubah garis pen tool jadi garis seleksi (garis seperti semut-semut berjalan, hehe)

Langkah 4

Klik menu Select, kemudian pilih Refine Edge...
Menu Refine Edge akan muncul, sekalian dengan hasil seleksi sementara yang sangat jelek (hehehe)

Langkah 5

Kita akan memperbaiki seleksi rambut terdahulu. Klik icon kuas yang ada di kiri menu, kemudian beri tanda centang pada kotak sebelah "Smart Radius" dan terakhir pada bagian "Output", klik "Decontaminate Colors" untuk mengurangi warna lain selain rambut mengganggu hasil seleksi (dalam hal ini, warna cerah background yang berpotensi mengganggu seleksi)

Kemudan gosok-gosok bagian rambut yang hilang pada objek dan lihatlah hasilnya! (Kayak dagang obat di pasar nih promonya haha). Tips: untuk memperbesar dan memperkecil ukuran kuas, tekan tombol "[" untuk memperkecil dan "]" untuk memperbesar ukuran kuas.


Luarbiasa mudah bukan? Rambutnya kembali tanpa banyak usaha! Haha.

Langkah 6

Untuk alisnya, klik icon kaca pembesar pada Refine Edge dan zoom pada alisnya saja. Klik icon kuas dan perkecil ukurannya dengan shortcut tombol "[". Gosok secara hati-hati supaya tidak terkena bagian mata.
Bila kamu sudah puas dengan hasilnya, klik OK. Lihat pada panel Layer (F7), maka akan ada layer baru hasil seleksi lengkap dengan layer mask.

Langkah 7

Selanjutnya adalah tahap penyempurnaan

Kamu bisa mengedit kembali hasil seleksi dengan mengklik 2x layer mask.
Kemudian muncul panel Properties. Klik Mask Edge, kemudian akan muncul lagi menu Refine Edge.


Kamu bisa menyempurnakan hasil seleksi dengan mengubah beberapa settingan fitur pada Refine Edge.Berikut penjelasan singkat fungsi dari beberapa fitur Refine Edge.
Radius fungsinya memperlebar area seleksi secara halus
Smooth fungsinya menghaluskan sisi hasil seleksi (gunakan bila hasil seleksi terlalu kasar)
Feather fungsinya menambah blur pada sisi seleksi
Contrast fungsinya  menajamkan sisi seleksi (gunakan bila hasil seleksi terlalu blur/lembut)
Shift Edge fungsinya menambah atau mengurangi sisi seleksi

Kamu bisa bandingkan hasilnya setelah fitur-fiturnya di ubah:
Sebelum di ubah-ubah nilai Refine Edge, detail rambut masih kurang

Setelah diubah nilai Refine Edge, terlihat rambutnya lebih banyak detail



Catatan: setting ini akan relatif berubah tergantung kondisi foto

Selamat mencoba dan latih terus agar hasilnya makin maksimal :)

Catatan:
Hati-hati dengan hasil seleksi. Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan akhir dari hasil seleksi ini. Maksudnya adalah, apakah foto yang kamu edit ini akan digabung dengan gambar latar bernuansa cerah atau gelap? Karena bila kamu menseleksi terlalu berlebihan, maka artifact (warna warna diluar objek yang diseleksi ikut muncul) akan terlihat ketika digabung ke foto  dengan background berbeda. Untuk mengeceknya, kamu bisa melihatnya di "View Mode", pada segitiga kecil sebelah icon foto pada menu Refine Edge.

Jika, nantinya foto ini akan kamu gabungkan dengan background gelap, maka kamu bisa pilih "On Black (B)" dan kamu bisa lihat hasilnya secara langsung.

Bila hasilnya terlihat kurang rapi, kamu bisa mengatur kembali setting pada Refine Edge.

Namun, jangan terlalu terobsesi dengan kesempurnaan hasil Refine Edge. Karena terkadang hal tersebut kurang signifikan dan cenderung membuang waktu ketika digabung dengan foto background lainnya.

Contohnya adalah seperti berikut. Saya menggunakan hasil Refine Edge yang belum sempurna namun saya gabung saja dengan foto lain. Hasil kurang sempurna dari Refine Edge bisa disembunyikan dengan baik dengan memanfaatkan exposure keseluruhan gambar.



3 comments:

  1. Terimakasih caranya, sangat bembantu sekali

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete